Sanjaya, I Putu Aris (2023) SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK PENYESUAIAN GAYA BELAJAR DENGAN PESERTA DIDIK (STUDI KASUS SMK PGRI 5 DENPASAR). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829101014-COVER.pdf Download (491kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829101014-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829101014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829101014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829101014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829101014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829101014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829101014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829101014-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Keselarasan peserta didik dengan gaya belajar sangat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik dalam satuan pendidikan. Dengan kualitas belajar yang baik maka angka kelulusan peserta didik dalam suatu satuan pendidikan juga akan meningkat serta dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah kesulitan untuk mengidentifikasi gaya belajar yang sesuai pada peserta didik. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah model untuk mendeteksi gaya belajar peserta didik berdasarkan beberapa ciri gaya belajar. Model deteksi gaya belajar ini berdasarkan metode Certainty Factor. Adapun ciri gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 ciri gaya belajar untuk menentukan gaya belajar yang sesuai. Terdapat 3 macam gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 5 Denpasar dengan menggunakan 30 peserta didik. Seluruh peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini sudah diidentifikasikan gaya belajarnya berdasarkan konfirmasi yang diberikan oleh Guru Bimbingan Konseling. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 skenario, dimana skenario pertama data ciri gaya belajar pada masing-masing peserta didik diasesmen oleh guru bimbingan konseling. Berdasarkan ciri gaya belajar yang diberikan tersebut kemudian diuji ke dalam sistem, selanjutnya dibandingkan dengan hasil pengujian sistem dengan data awal gaya belajar masing-masing peserta didik. Sehingga dapat ditentukan nilai accuracy, precision dan sensitivity. Skenario yang kedua secara garis besar langkahnya sama dengan skenario pertama hanya saja yang membedakan adalah data ciri gaya belajar diisi langsung oleh peserta didik. Berdasarkan hasil pengujian, baik dalam skenario pertama maupun skenario kedua didapatkan hasil nilai accuracy, precision dan sensitivity masing-masing 100%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem pakar, certainty factor, gaya belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | I Putu Aris Sanjaya |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 00:28 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 00:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14122 |
Actions (login required)
View Item |