PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Wahyuni, Ayu Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123071015-COVER.pdf

Download (318kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071015-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan keterampilan kritis dan berpikir kreatif secara simultan antarkelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi, model pembelajaran berbasis proyek, serta model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi, model pembelajaran berbasis proyek, dan model pembelajaran konvensional dan (3) perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi, model pembelajaran berbasis proyek, dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest – posttest non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian ini berjumlah 280 orang yang merupakan siswa kelas VIII di SMP PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023 yang terbagi ke dalam 7 kelas dan sampel penelitian yang digunakan berjumlah 240 orang yang terbagi dalam 6 kelas dengan gaya belajar visual sebanyak 71 orang, auditori 49 orang, dan kinestetik 120 orang. Instrumen penelitian yang dipakai berbentuk angket gaya belajar, tes keterampilan berpikir kritis dan tes berpikir kreatif. Data yang diperoleh adalah jenis gaya belajar, nilai keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan MANCOVA. Tindak lanjut MANCOVA, dipergunakan Least Significant Diffeerence (LSD) untuk mengetahui perlakuan mana yang memberikan hasil yang berbeda. Pengujian hipotesis dikerjakan dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum uji hipotesis, data harus memenuhi prasyarat (normalitas, homogenitas, linearitas, kemiringan garis regresi, dan multikolinieritas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi lebih baik daripada model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa secara simultan dengan efek pengaruh sebesar 79,1%. (2) Model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi lebih baik daripada model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan efek pengaruh sebesar 26,6%. (3) Model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi lebih baik daripada model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan efek pengaruh sebesar 77,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, berpikir kreatif, model pembelajaran berbasis proyek, berdiferensiasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ayu Sri Wahyuni
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:27
Last Modified: 20 Feb 2023 08:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item