Dewi, Kadek Intan Rustiana (2023) TECHNOLOGY INTEGRATION INTO PROJECT-BASED LEARNING IN TEACHING WRITING AT SMPN 1 GIANYAR: EFFECT AND THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ PERCEPTION. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081032-COVER.pdf Download (725kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081032-ABSTRAK.pdf Download (452kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081032-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Teknologi adalah strategi pengajaran inovatif yang dibawa oleh teknologi informasi dan komunikasi yang tak terhindarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran berbasis Proyek berbantuan Teknologi terhadap kompetensi menulis siswa dan memeriksa persepsi siswa tentang integrasi teknologi ke dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di kelas menulis. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian metode campuran sekuensial eksplanatori. Sebanyak 98 siswa kelas VIII SMPN 1 Gianyar bersedia menjadi sampel penelitian. Melalui cluster random sampling, mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang terdiri dari 49 siswa pada masing-masing kelompok. Karena studi ini mengadopsi desain metode campuran, pengumpulan dan analisis data kualitatif dan kuantitatif dilakukan. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, sedangkan post-test design dan survey dilakukan untuk data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman (1994), sedangkan analisis data deskriptif dan inferensial dianalisis melalui Independen T-Test untuk melihat pengaruh strategi ini terhadap kompetensi menulis siswa. Temuan mengungkapkan bahwa 1) siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan Teknologi lebih kompeten dalam menulis daripada mereka yang diajar dengan pengajaran konvensional dan 2) siswa menunjukkan persepsi yang kuat tentang integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas menulis, berdasarkan Pedoman Tingkat Kualifikasi Koyan (2012). Oleh karena itu, hasil ini menyiratkan bahwa guru dan siswa harus merangkul integrasi teknologi untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | integrasi teknologi, pembelajaran berbasis proyek, kompetensi menulis, persepsi siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Kadek Intan Rustiana Dewi |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 23:59 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 23:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14162 |
Actions (login required)
View Item |