RIANTINI W., NI NYOMAN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1723011017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011017-ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (565kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011017-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan Watson pada pokok bahasan lingkaran. Kesalahan pada matematika merupakan suatu penyimpangan terhadap solusi yang sebenarnya dari suatu permasalahan. Analisis kesalahan yang dimaksud merupakan suatu proses mereview jawaban siswa guna mengidentifikasi pola-pola kesalahan. Subjek penelitian siswa kelas IX di satu kelas yang berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini siswa diberikan 5 soal matematika dalam bentuk uraian, kemudian dianalisis kesalahannya berdasarkan 8 kategori kesalahan Watson dan dilanjutkan mewawancarai siswa dengan jenis kesalahan yang berbeda untuk setiap kategori kesalahannya. Diperoleh simpulan, jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengerjakan soal, tidak ada peserta didik yang melakukan jenis kesalahan membaca. Kesalahan dilakukan peserta didik pada saat memahami masalah. Penyebabnya adalah karena tidak paham dengan kalimat dalam soal dan siswa susah mengaitkan apa kata kunci pada soal dengan pertanyaan yang ada. Jenis kesalahan selanjutnya yang dilakukan peserta didik adalah transformasi. Siswa kurang memahami konsep dari rumus pada materi lingkaran sehingga susah untuk membuat bentuk penyelesaian. Berikutnya yakni kesalahan ketrampilan proses, disebabkan siswa masih belum mahir dengan perhitungan dalam bentuk pecahan dan manipulasi aljabar. Selain itu banyak juga yang kurang terlatih berhitung sehingga malas menyelesaikan operasi hitung dengan angka yang besar, sekalipun itu operasi hitung sederhana seperti pembagian dan perkalian. Siswa juga melakukan kesalahan penulisan kesimpulan, meskipun tidak banyak namun kesalahan dalam menyimpulkan menunjukan siswa belum bisa memberikan jawaban akhir sesuai dengan yang ditanyakan soal. Berikutnya berdasarkan wawancara diketahui siswa juga melakukan kesalahan pada kategori kecerobohan dan motivasi. Kecerobohan dilakukan siswa pada berbagai tahapan pengerjaan, ini disebabkan karena siswa kurang teliti dan kurangnya latihan dalam menjawab soal – soal. Untuk kategori motivasi ada siswa yang tidak menjawab sama sekali pada suatu soal dikarenakan memang tidak siap dan enggan untuk berusaha membaca apalagi menjawab dengan proses, selain itu ada juga yang tidak menyelesaikan proses sampai menemui.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, analisis kesalahan kategori Watson, pokok bahasan lingkaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Riantini W. |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 05:20 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 05:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1428 |
Actions (login required)
View Item |