PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KUIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD NEGERI 040466 DESA LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sitanggang, Riccy Riandi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KUIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD NEGERI 040466 DESA LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021026-COVER.pdf

Download (242kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021026-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021026-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media interaktif berbasis kuis , dan untuk mengetahui validitas media interaktif berbasis kuis menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencacatan dokumen dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan media interaktif berbasis kuis meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). 2 media interaktif berbasis kuis ini dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (78,00%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (88,00%), (d) hasil uji perorangan dengan kualifikasi sanagt baik (97,14%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (97,14%). Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar media interaktif ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Kuis, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Riccy Riandi Sitanggang
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:05
Last Modified: 21 Feb 2023 02:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item