ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TABANAN

Iswara, Dewa Made Ananda Dian (2023) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011098-COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011098-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011098-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret, mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika, dan mendeskripsikan rekomendasi solusi yang dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi barisan dan deret dan wawancara digunakan untuk menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Tabanan sebanyak 22 dari 174 siswa. Subjek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan nilai rata – rata siswa dan standar deviasi. Pada penelitian ini, analisis kesalahan didasarkan pada Newman Error Analysis yang meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh bahwa siswa melakukan kesalahan karena tidak memahami soal dengan baik, kurang teliti dalam membaca soal, tidak bisa dalam menentukan langkah-langkah untuk memecahkan permasalahan dalam soal, kurang teliti dan tergesa – gesa saat proses perhitungan dan jarang menuliskan kesimpulan akhir. Solusi yang direkomendasikan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa yaitu dengan lebih banyak berlatih soal, lebih teliti dan tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, sebaiknya soal dibuat menggunakan bahasa yang lebih komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Barisan dan Deret; Analisis Berdasarkan NEA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Dw. Md Ananda Dian Iswara
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:24
Last Modified: 21 Feb 2023 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item