Swati Pramitha Yuliandari, Ketut Ayu (2023) An experimental study on the impact of digital multilingual thematic dictionary for the sixth grade students' literacy skill. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021116-COVER.pdf Download (935kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021116-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021116-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan pembenaran atas ada atau tidaknya dampak signifikan penggunaan kamus multibahasa tematik berbasis digital terhadap kemampuan literasi siswa kelas enam. Peneliti memutuskan untuk menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre-test and post-test only control group. Peneliti menentukan sampel penelitian menggunakan statistical matching scores yang diusulkan oleh Fraenkel et al. (2012). Statistical Matching scores diberikan dalam menentukan dua kelompok utuh. Dua kelompok utuh yang memiliki skor yang sama dan terbukti secara statistik memiliki perbedaan kemampuan yang tidak signifikan dipilih sebagai sampel penelitian yaitu; (1) SD N 1 Kubutambahan sebagai kelompok kontrol, dan (2) siswa 6C di SD N 3 Banjar Jawa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan literasi yang berisi soal pre-test dan post-test, dan skenario pembelajaran untuk kelompok kontrol dan eksperimen. Pre-test diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Kedua kelompok mendapatkan tiga kali perlakuan dengan tiga materi yaitu home activities, animals, dan public places. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif, statistik inferensial, dan analisis uji skor N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score dan analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 73,3759%, sedangkan rata-rata N-Gain kelompok kontrol sebesar 48,0249%. %. Hasil uji skor N-Gain menunjukkan bahwa penggunaan kamus tematik multibahasa digital pada kelompok eksperimen cukup efektif, sedangkan penggunaan kamus tematik cetak pada kelompok kontrol kurang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kamus tematik multibahasa digital berkinerja lebih baik daripada kamus tematik multibahasa bergambar dalam versi cetak. Kata Kunci: kemampuan literasi, pembelajar anak-anak, kamus tematik multibahasa berbasis digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kemampuan literasi, pembelajar anak-anak, kamus tematik multibahasa berbasis digital. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ketut Ayu Swati Pramitha Yuliandari |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 05:56 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14382 |
Actions (login required)
View Item |