AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS ON GRAMMARLY-CHECKED WRITING BY USING DULAY, BURT, AND KRASHEN CLASSIFICATION THEORY

Saraswati, Ni Putu Ika (2023) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS ON GRAMMARLY-CHECKED WRITING BY USING DULAY, BURT, AND KRASHEN CLASSIFICATION THEORY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021043-COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021043-ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecanggihan teknologi modern dapat membantu manusia meningkatkan tata bahasa setiap bahasa. Siswa dapat menggunakan aplikasi Grammarly untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan tata bahasa yang dilakukan siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah diperiksa menggunakan Grammarly dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tata bahasa siswa dalam menulis teks recount sebelum diperiksa menggunakan Grammarly. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium SMP UNDIKSHA dengan subjek 24 siswa kelas 8. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa Grammarly berhasil mengurangi tingkat kesalahan tata bahasa pada siswa. Jenis kesalahan yang muncul pada tulisan siswa sebelum diperiksa menggunakan Grammarly sebanyak 281 kesalahan. Sedangkan pada teks yang telah diperiksa menggunakan Grammarly ditemukan 127 kesalahan. Jenis kesalahan yang paling sering muncul pada teks setelah dan sebelum dikoreksi menggunakan Grammarly adalah salah bentuk kesalahan bentuk bolak-balik. Selain itu, faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam membuat teks recount yang belum diperiksa menggunakan Grammarly paling banyak dipengaruhi oleh faktor intralingual. Studi ini membuktikan bahwa Grammarly mampu mengurangi kesalahan tata bahasa dalam tulisan siswa. Namun, Grammarly adalah alat untuk mengoreksi kesalahan dalam tulisan siswa yang tidak selalu benar. Siswa harus mahir dalam menggunakan tata bahasa yang tepat untuk meminimalkan kesalahan tata bahasa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teks recount, Grammarly, tata Bahasa, interlingual, intralingual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Ika Saraswati
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:25
Last Modified: 22 Feb 2023 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item