Pramesti, Nyoman Melati (2023) Pengembangan Konten E-Learning Berstrategi Project Based Learning Berbantuan Schoology Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Di SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051092-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051092-ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051092-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Pengembangan konten e-learning pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan dikembangkan karena, (1) terbatasnya sumber belajar yang digunakan guru pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan dan (2) sulitnya mengarahkan siswa agar terfokus pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan yang dibawakan oleh guru pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan pengembangan konten e-learning berstrategi project based learning berbantuan schoology pada mata pelajaran desain grafis percetakan, dan (2) mengetahui respon dari guru dan peserta didik setelah dikembangkannya konten e-learning berbantuan schoology. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian pengembangan konten e-learning ini adalah siswa SMK Negeri 1 Sawan sebanyak 30 siswa dengan objek yang digunakan adalah media pembelajaran e-learning berbantuan schoology. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini sudah melalui uji ahli isi dan uji ahli media dengan hasil rata-rata 100% dengan kriteria “sangat tinggi”. Setelah melalui uji ahli, penelitian ini dilanjutkan dengan melakukan uji coba perorangan dengan hasil rata-rata 92%, uji coba kelompok kecil 93,2%, dan uji coba lapangan 93,5% yang masing-masing uji coba tersebut masuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya dilakukan uji respon peserta didik dengan rata-rata mendapat 66,53%, dan uji respon guru dengan rata-rata 48, yang masuk dalam kategori “sangat positif”. Hal ini menunjukkan bahwa konten e-learning yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Schoology, Project Based Learning, Penelitian dan Pengembangan, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Melati Pramesti |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 00:45 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 00:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14587 |
Actions (login required)
View Item |