Halbatullah, Kholil (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENCAK SILAT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029121002-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029121002-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029121002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029121002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029121002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029121002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029121002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029121002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029121002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pencak silat khususnya materi teknik dasar pencak silat menggunakan teknologi augmented reality pada platform Android, sebagai salah satu media untuk mempermudah dan memberikan daya tarik tersendiri dalam pemahaman materi teknik dasar pencak silat. Pengembangan media pembelajaran pencak silat menggunakan teknologi augmented reality berbasis android ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Impementation (Impementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada model ini dilakukan proses evaluasi disetiap tahap-tahap yang dilalui secara terus-menerus sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa aplikasi dan modul pencak silat berbasis augmented reality yang dapat digunakan melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa, aplikasi augmented reality Perkembangbiakan Hewan termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji ahli isi dan uji ahli media di proses dengan Teknik Gregory dengan rata-rata hasil perhitungan 1.00 jika dikonversi ke dalam tabel tingkat pencapaian kriteria validitas ahli termasuk sangat tinggi, kemudian uji efektifitas media mendapat rata-rata nilai siswa sebesar 93 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 100% artinya media ini sangat efektif meningkatkan keterampilan teknik dasar pencak silat. Selanjutnya uji kepraktisan media mendapat rata-rata nilai seluruh responden sebesar 5.0 sehingga media ini sangat praktis meningkatkan keterampilan teknik dasar pencak silat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | augmented reality, media pembelajaran, teknik dasar, pencak silat, model ADDIE, android |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Kholil Halbatullah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14795 |
Actions (login required)
View Item |