Cahya, Wahyu Dwi (2020) The Implementation of Independent Reading Literacy Program at SMA N Bali Mandara in Academic Year 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081001-COVER.pdf Download (540kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081001-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki jenis-jenis program literasi membaca mandiri yang diterapkan di SMA N Bali Mandara, (2) mendeskripsikan implementasi program literasi membaca mandiri di SMA N Bali Mandara, (3) menganalisis bagaimana literasi membaca mandiri program mempengaruhi keterampilan membaca siswa. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain dan analisis data yang diusulkan oleh Miles dan Hubberman (1994), subjek penelitian ini melibatkan kepala sekolah, 2 guru bahasa Inggris, guru kunci dan dua kelas dari siswa kelas 12. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi yang didukung dengan analisis dokumen untuk menemukan dampak program. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan analisis dokumen selain peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada lima program literasi membaca mandiri yang dilaksanakan di sekolah yaitu silent reading, storybook writing, cooperative literacy program, news reading program, dan book review. Pada tahap pembiasaan, sekolah menerapkan silent reading untuk membentuk kebiasaan membaca siswa. Kebiasaan positif ini kemudian dikembangkan dengan cara menyediakan kegiatan literasi yang nyata dalam tahap pengembangan untuk mengembangkan minat baca siswa melalui storybook writing dan cooperative literacy program. Pada tahap terakhir, para guru menerapkan program membaca yang menekankan kesenangan siswa dalam proses pembelajaran melalui news reading program dan book review. Nilai rata-rata siswa dalam storybook writing adalah 90,6, dalam cooperative literacy program adalah 90,36, dalam news reading program adalah 90,2, dan dalam book review adalah 90,47. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan membaca literasi mandiri efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi mandiri, gerakan literasi sekolah, pengembangan literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Wahyu Dwi Cahya |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 01:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1482 |
Actions (login required)
View Item |