PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MEDIA TERAPI BERBASIS MOBILE BAGI TENAGA PENDIDIK ANAK PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) MENGGUNAKAN FRAMEWORK USER CENTERED DESIGN (UCD)

Krysara, Made Rama (2023) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MEDIA TERAPI BERBASIS MOBILE BAGI TENAGA PENDIDIK ANAK PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) MENGGUNAKAN FRAMEWORK USER CENTERED DESIGN (UCD). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091070 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091070 - ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091070 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1815091070 - BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091070 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091070 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091070 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091070 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091070 - LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan neurobiologis yang ditandai dengan adanya kesulitan dalam berkomunikasi, kontrol emosi dan persepsi-sensorik. Salah satu gangguan yang paling umum dijumpai pada anak penyandang ASD adalah kesulitan dalam berkomunikasi. Dalam menanggulangi hal tersebut diperlukan tenaga pendidik dengan keterampilan dan strategi pendidikan yang tepat. Didukung juga dengan perkembangan teknologi mobile terkini, akan sangat relevan apabila dapat membangun aplikasi dalam membantu tenaga pendidik untuk membimbing terapi kepada anak penyandang ASD ini. Salah satu metode terapi yang dapat digunakan adalah Augmentatif and Alternative Communication (AAC) khususnya Picture Exchange Communication System (PECS). Dalam pengembangan aplikasi mobile tak terkecuali Tab/iPad interface, perlu memperhatikan User Interface dan User Experience (UI/UX) yang baik guna menjembatani kesuksesan aplikasi yang dibangun. Penelitian ini menggunakan framework User-Centered Design (UCD) karena berfokus pada task, needs dan information yang berasal dari user. Penelitian ini menggunakan Cognitive Walkthrogh dan System Usability Scale sebagai metode evaluasi usability testing dengan penilaian pada aspek learnability, effectiveness dan efficiency. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rancangan desain dapat menutupi kekurangan dari aplikasi serupa dengan hasil evaluasi usability testing tergolong baik pada pengujian SUS. Pada aspek learnability menunjukkan learning curve yang menurun pada tiap percobaan, aspek effectiveness mendapatkan nilai sebesar 90% pada pengujian success rate dan aspek efficiency mendapatkan nilai timebased efficiency sebesar 0,013 goals/sec.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ASD, AAC, Tenaga Pendidik, UI/UX, UCD, Usability Testing
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Made Rama Krysara
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:42
Last Modified: 27 Feb 2023 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item