Wismantarayasa, I Wayan (2023) Pengaruh Variasi Panjang Spacer pada Primary Pulley terhadap Unjuk Kerja Sepeda Motor dengan Sistem Transmisi CVT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915071003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071003-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 1.PENDAHULUAN)
1915071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
|
Text (BAB 2. KAJIAN TEORI)
1915071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3. METODELOGI PENELITIAN)
1915071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4.HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5. PENUTUP)
1915071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071003-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi panjang spacer terhadap unjuk kerja sepeda motor dengan sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Penelitian ini dilaksanakan karena terjadinya penurunan unjuk kerja sepeda motor dengan sistem transmisi CVT yang disebabkan oleh keausan pada komponen sistem transmisi CVT. Adapun usaha yang diterapkan pada penelitian sebelumnya baru sebatas modifikasi sudut kemiringan primary pulley dan modifikasi berat roller, sehingga pada penelitian ini dilakukan modifikasi dengan menambah ukuran panjang spacer pada primary pulley. Tujuan dari modifikasi ukuran panjang spacer adalah untuk memperbesar ratio pulley pada sistem Continuously Variable Transmission sehingga unjuk kerja sepeda motor dapat ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang akan mencari pengaruh dari penggunaan variasi panjang spacer terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Spacer yang diujikan adalah spacer standar dengan panjang 47,7 mm, spacer modifikasi 1 dengan panjang 48,7 mm, dan spacer modifikasi 2 dengan panjang 49,7 mm. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan metode one way anova. Setelah dilakukan pengujian didapatkan hasil peningkatan tertinggi nilai torsi yaitu pada penggunaan spacer modifikasi 2 sebesar 6,64 % pada putaran mesin 3500 rpm. Kemudian peningkatan tertinggi nilai daya yaitu pada penggunaan spacer modifikasi 2 sebesar 6,63% pada putaran mesin 3500 rpm, dan penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi terjadi pada penggunaan spacer modifikasi 2 yaitu sebesar 0,19 % pada putaran mesin 3500 rpm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Continuously Variable Transmission, Spacer, Torsi, Daya. Konsumsi Bahan Bakar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I Wayan Wismantarayasa |
Date Deposited: | 03 May 2023 23:46 |
Last Modified: | 03 May 2023 23:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14880 |
Actions (login required)
View Item |