PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 3 PANJI ANOM TAHUN AJARAN 2022/2023

Putra, I Gusti Agung Made Dana (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 3 PANJI ANOM TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021014-COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021014-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (647kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 3 Panji Anom Tahun ajaran 2022/2023. (2) mengetahui hasil validasi media (3) menguji respon peserta didik kelas V dan guru terhadap media pembelajaran Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan (4) menguji efektifitas Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah Multimedia Interaktif Berbasis Berbasis Lingkungan dengan Model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu skor validasi dari desain pembelajaran, yaitu 95% (sangat baik), ahli materi pembelajaran yaitu 94,6% (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 95,7% (sangat baik). Hasil uji perorangan 91% (sangat baik) uji coba kelompok kecil 81,83 % (Baik). Hasil uji efektifitas juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan terhadap hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri 3 Panji Anom. Disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan dengan Model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Lingkungan, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Made Dana Putra
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:40
Last Modified: 26 Jun 2023 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15329

Actions (login required)

View Item View Item