Putra, I Gusti Agung Made Dana (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 3 PANJI ANOM TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021014-COVER.pdf Download (959kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021014-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (647kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 3 Panji Anom Tahun ajaran 2022/2023. (2) mengetahui hasil validasi media (3) menguji respon peserta didik kelas V dan guru terhadap media pembelajaran Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan (4) menguji efektifitas Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah Multimedia Interaktif Berbasis Berbasis Lingkungan dengan Model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu skor validasi dari desain pembelajaran, yaitu 95% (sangat baik), ahli materi pembelajaran yaitu 94,6% (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 95,7% (sangat baik). Hasil uji perorangan 91% (sangat baik) uji coba kelompok kecil 81,83 % (Baik). Hasil uji efektifitas juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan terhadap hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri 3 Panji Anom. Disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Lingkungan dengan Model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, Lingkungan, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Made Dana Putra |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15329 |
Actions (login required)
View Item |