Putri, Ria Suryadi (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 4 SESETAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031135-COVER.pdf Download (836kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031135-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031135-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031135-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031135-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031135-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031135-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031135-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031135-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada kelas IV di SD Negeri 4 Sesetan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perubahan kurikulum pada tahun 2022. Pemerintah melakukan perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka guna menjawab tantangan learning loss yang terjadi akibat COVID-19. . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik analisis data analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak 31 siswa kelas IV, 1 kepala sekolah, 1 guru penggerak dan 1 guru kelas IV sekolah dasar di SD Negeri 4 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Pengumpulan data menggunakan metode non-tes melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan persentase pada implementasi kurikulum merdeka berdasarkan pemberian kuesioner kepada siswa kelas IV sebesar 84,75% hasil tersebut dikategorikan pada kriteria sangat tinggi. Hasil persentase tersebut juga diperkuat oleh hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru penggerak dan guru kelas IV yang sepakat bahwa kurikulum merdeka meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan meningkatkan penanaman karakter profil pelajar Pancasila serta meningkatkan pembelajaran berbasis projek. Selain itu, guru dan siswa menjadi lebih fokus dan leluasa dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka karena mengacu pada capaian pembelajaran sehingga guru dan siswa tidak terburu-buru dalam mempelajari materi. Guru dan siswa juga lebih menikmati proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka meskipun masih ada hal yang harus ditingkatkan lagi di tahun ajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: implementasi, kurikulum, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ria Suryadi Putri |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:35 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15746 |
Actions (login required)
View Item |