PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERIKIR MATEMATIKA TINGKAT TINGGI PADA MATERI FUNGSI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN

Wahada, Ni Komang Diva Treesyayanthi (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERIKIR MATEMATIKA TINGKAT TINGGI PADA MATERI FUNGSI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011055-COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011055-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011055-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari rendahnya kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa ketika menyelesaikan sebuah masalah. Kurangnya kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa disebabkan karena belum mampunya menganalisis (C4) suatu masalah, mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) materi yang mereka pelajari khususnya materi fungsi eksponensial. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu serta mengamati pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa. Desain penelitian yang dipergunakan yakni Post Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini tersusun atas siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tabanan sejumlah 190 orang, selanjutnya penetapan jumlah sampel mempergunakan Cluster Random Sampling sehingga didapat sampel sejumlah 76 orang siswa. Sesudah data berhasil dikumpulkan, dilaksanakan analisa mempergunakan Uji-T (Independent t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Berlandaskan pada hasil analisis yang dilaksanakan diperoleh t_hitung=4,602>t_tabel=1,66571. Hasil tersebut mengindikasikan bahwasanya kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dibanding kegiatan belajar konvensional. Maka dari itu model project based learning memberi dampak atau pengaruh secara positif terhadap kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, Matematika, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Komang Diva Treesyayanthi Wahada
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:02
Last Modified: 11 Jul 2023 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15799

Actions (login required)

View Item View Item