Wiguna, Made Ceger Artha (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PRATIKUM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS RENDAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PGSD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031343-COVER.pdf Download (213kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031343-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031343-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031343-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031343-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031343-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031343-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031343-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031343-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul ajar digital pratikum pembelajaran matematika kelas rendah untuk meningkatkan keterampilan mengajar matematika mahasiswa PGSD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementtation) dan evaluasi (evaluation). Modul ajar digital praktikum pembelajaran matematika kelas rendah adalah subjek dalam penelitian ini sedangkan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha merupakan objek dalam penelitian ini. metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan observasi, pelaksanaan wawancara, dan penyebaran angket. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan dua teknik analisis yakni teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukan model ajar digital praktikum matematika kelas rendah dinyatakan valid oleh ahli dengan indeks validitas isi modul ajar sebesar 0,90 predikat validitas isi sangat tinggi, praktis oleh praktisi dengan tingkat pencapaian respon praktisi untuk modul ajar digital 87,95% predikat sangat baik, dan efektif digunakan oleh mahasiswa PGSD untuk meningkatkan keterampilan mengajar matematika dilihat dari nilai Sig.(2- tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar digital, matematika kelas rendah, praktikum matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Ceger Artha Wiguna |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:19 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15932 |
Actions (login required)
View Item |