Suryaningsih, Putu Ayu (2023) THE IMPLEMENTATION OF MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) AND STUDENTS’ ANXIETY IN ENGLISH LEARNING CONTEXT DURING INDUSTRIAL CLASS AT SMK N 1 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021027-COVER.pdf Download (531kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021027-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021027-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi bagaimana Mobile Assisted Language Learning (MALL) diterapkan di kelas industri di SMK N 1 Kubutambahan. Serta, bagaimana Mobile-Assisted Language Learning juga digunakan dalam mendistribusikan materi, tugas, atau proyek selama kelas industri dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan siswa ketika Mobile Assisted Language Learning (MALL) diterapkan di kelas industri di SMK N 1 Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan mix-method design khususnya embedded sequential mix-method. Mix-method adalah pendekatan pengumpulan data yang memadukan metode kualitatif dan kuantitatif. Kedua pendekatan tersebut digunakan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi MALL dan kecemasan pada siswa SMK N 1 Kubutambahan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 jurusan perhotelan yang telah menerapkan MALL untuk pembelajaran bahasa Inggris pada kelas industri. Teknik observasi digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama, dimana peneliti mengamati kapan MALL digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan bagaimana MALL digunakan selama kegiatan pembelajaran tersebut. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei untuk menjawab pertanyaan kedua tentang tingkat kecemasan mahasiswa terkait penyelenggaraan MALL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru menggunakan MALL untuk berbagi materi atau tugas. Walaupun pelaksanaannya masih jauh dari sempurna, namun MALL dapat dikatakan sebagai solusi jika pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka, misalnya pada program industri. Dari hasil penelitian, peneliti juga menemukan bahwa siswa mengalami kecemasan sedang. Persentase siswa yang mengalami kecemasan sedang dapat dikategorikan tinggi. Lebih dari 60% siswa mengalami kecemasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Berbantuan Seluler, Kelas Industri, Sekolah Kejuruan, Tingkat Kecemasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Suryaningsih |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:45 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 05:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15952 |
Actions (login required)
View Item |