PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEMARAPURA

Putra, Cokorda Oka Wibhawa (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1911011042-COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011042-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011042-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan yaitu Panduan Konseling Kgnitif Behavioral Teknik Self management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. Buku panduan ini dirancang sebagai pedoman bagi guru BK dalam memberikan layanan konseling di sekolah guna membantu mengatasi masalah motivasi belajar siswa yang rendah. Proses pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang ahli dalam bidang bimbingan konseling, termasuk 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling dari SMP Negeri 3 Semarapura. Sebanyak 10 orang siswa menjadi subjek penelitian untuk menguji efektivitas buku panduan ini. Hasil penilaian oleh para ahli terhadap 20 item instrumen yang digunakan menunjukkan bahwa seluruh isi buku panduan konseling memiliki validitas yang baik, dengan Indeks Validitas Isi (CVI) kategori sangat sesuai. Penilaian terhadap indeks validitas isi (Content Validity Index) sangat penting untuk menentukan kecocokan penggunaan buku panduan konseling ini. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Implementasi Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self management efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Semarapura. Hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung sebesar 21,312 dengan tingkat signifikansi 0,05 dan nilai ES sebesar 2,13 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Panduan Konseling Kognitif Behavioral, Teknik Self Management, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Cokorda Oka Wibhawa Putra
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:35
Last Modified: 13 Jul 2023 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15958

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item