Putra, Wahyu Permadi (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA 8 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041045-COVER.pdf Download (427kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041045-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041045-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis HOTS dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Hots dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan adalah terdiri dari materi, contoh dan latihan sehingga mendorong pembelajaran berpusat pada siswa. Materi pembelajaran sudah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar E-LKPD terlihat menarik serta E-LKPD dilengkapi dengan video pembelajaran. E-LKPD sudah diuji coba untuk mengetahui validitas materi dan validitas media. Selain itu uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media. Hasil uji coba E-LKPD menunjukkan bahwa E-LKPD tergolong valid dengan nilai rata-rata validasi total yaitu 1 yang berada pada interval sangat valid dengan nilai masing-masing 1 untuk aspek materi pembelajaran dan 1 untuk aspek media pembelajaran dan untuk uji kelayakan memperoleh skor 3,875 Tergolong layak dan dari segi kepraktisan memperoleh skor 4,00 tergolong praktis. Akhirnya dari segi efektivitas dengan rata-rata pre tes 48,85 dan pos tes 76,64 dinyatakan bahwa npre tes< npos tes di SD N 5 Buahan dan memperoleh rata-rata pre tes 47,27 dan pos tes 75,63 dinyatakan bahwa npre tes< npos tes di SD N 3 Melinggih, jika dilihat dari KKM yang digunakan dengan besar KKM 67 sedangkan hasil post tes dikedua sekolah menunjukkan 76,64 dan 75, 63 dan memperoleh persentase ketuntasan klasikan siswa sebesar 100% yang berada pada kategori positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis HOTS dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD berorientasi HOTS, dan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Wahyu Permadi Putra |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 09:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 09:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16107 |
Actions (login required)
View Item |