Putri, Ni Made Wedhani Yulia (2023) JUDUL DESKRIPSI PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI SEKOLAH PENGGERAK DI WILAYAH KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031303-COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031303-ABSTRAK.pdf Download (548kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031303-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031303-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031303-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031303-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031303-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031303-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (547kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031303-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang dikembangkan sebagai kurikulum yang lebih fleksibel, berfokus pada materi esensial, dan menjadi salah satu konsep kurikulum yang menuntut kemandirian siswa. Penerapan kurikulum merdeka tentu saja berhubungan dengan guru di sekolah, peran guru sangat dibutuhkan dalam menerapkan kurikulum merdeka saat pembelajaran berlansung. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika guru sekolah dasar dalam menghadapi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah guru kelas I dan IV di sekolah penggerak yang berjumlah 26 orang guru. Pengumpulan data menggunakan metode angket skala likert. Analisis data menggunakan persentase. Didapatkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak cukup mengalami permasalahan berupa: 1) guru belum mengembangkan hasil belajar siswa secara keseluruhan; 2) guru belum paham mengenai pembelajaran berbasis proyek; 3) guru belum mampu mengembangkan karakter siswa. Faktor yang menyebabkan adalah kekurang pahaman guru terhadap kurikulum, kurangnya sosialisasi mengenai kurikulum yang baru, kurangnya kesadaran guru dan rendahnya motivasi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika guru, Kurikulum merdeka, Sekolah penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Wedhani Yulia Putri |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16142 |
Actions (login required)
View Item |