Astuti, Ni Kadek Sri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SESETAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031242-COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031242-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031242-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031242-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031242-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1911031242-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031242-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031242-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (976kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031242-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan sebanyak 110 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V D SD Negeri 2 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa 26 dan siswa kelas V C SD Negeri 2 Sesetan sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 28. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,50 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil analisis skor post-test pada kelompok kontrol adalah 73,96 dan berada pada kategori sedang. Hasil dari analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar kemudian ttabel dengan dk = 52 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,006. Sehingga menunjukkan hasil yakni thitung = 8,413> ttabel = 2,006 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sesetan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Media Audio Visual, Kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sri Astuti |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:44 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16163 |
Actions (login required)
View Item |