CLAVINOVA, SENDY LARINSA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN SCRATCH PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011004-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011004-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2023011004-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2023011004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2023011004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2023011004-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011004-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti yang menunjukan rendahnya keaktifan belajar dan disposisi matematika siswa SMPN 1 Negara. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui terkait karakteristik perangkat pembelajaran berbasis proyek menggunakan scratch yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS berbasis proyek menggunakan scratch. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMPN 1 Negara tahun ajaran 2022/2023 dengan rincian kelas IX C sebanyak 15 siswa pada uji coba terbatas, kelas IX A sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan I dan kelas IX B sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan II. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa dan angket disposisi matematika siswa. Data yang telah dikumpulkan dari instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif. Adapun karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP satu lembar yang memberikan arahan serta motivasi dan memunculkan partisipasi siswa, sedangkan karakteristik LKS berisi masalah nyata terkait translasi dan refleksi, berisi petunjuk penyelesaian masalah, menggunakan aplikasi scratch, serta berisi pertanyaan untuk menemukan konsep translasi dan refleksi. Karakteristik pelaksanaan pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis proyek yang disajikan melalui LKS serta harus dikerjakan menggunakan aplikasi scratch, terdapat petunjuk berupa potongan coding pada LKS yang harus dirangkai kemudian dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan pada LKS agar menemukan konsep translasi dan refleksi. Dengan demikian, keaktifan belajar dan disposisi matematika siswa SMP menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scratch, Keaktifan belajar, Disposisi Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Sendy Larinsa Clavinova |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16165 |
Actions (login required)
View Item |