Marsiti, Cokorda Istri Raka (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MULTIMEDIA DAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN DAN MINUMAN BAGI SISWA DI SMK. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011006-COVER.pdf Download (863kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011006-ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan multimedia dan kemampuan berkolaborasi terhadap kreativitas dan hasil belajar pengolahan makanan dan minuman bagi siswa SMK. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa SMK menggunakan metode eksperimen treatment by level 2 Ⅹ 2 dan melibatkan 76 siswa. Instrumen yang dipergunakan untuk mengukur variabel-variabel penelitian yang menjadi dampak langsung dari perlakukan dan sebagai unit analisis utama penelitian instrumen sebelum digunakan dalam penelitian, lembar observasi dan instrumen penelitian terlebih dahulu telah diuji coba dengan hasil bahwa instrument tersebut dinyatakan valid. Data dianalisis menggunakan Multivariat Analysis of Covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran berbasis proyek berbantuam multimedia dan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan hasil belajar. Dalam pencapaian kreativitas dan hasil, model pembelajaran berbasis proyek berbantuan multimedia menunjukkan pengaruh yang lebih besar dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media visual PPT. Siswa yang memiliki kemampuan kolaboratif lebih tinggi menunjukkan kreativitas dan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan kolaboratif lebih rendah. Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kemampuan kolaboratif siswa terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Implikasinya bahwa dalam pembelajaran berbasis proyek berbantuan multimedia sangat akomodatif bagi siswa dalam pencapaian kreativitas dan hasil belajar pengolahan makanan dan minuman. Bagi siswa yang memiliki kemampuan kolaboratif rendah sebaiknya dibimbing dan dimotivasi mampu meningkatkan kemampuan kolaborasinya sehingga akan mampu mengerjakan proyek-proyek pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, hasil belajar, pengolahan makanan dan minuman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Cokorda Istri Raka Marsiti |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16342 |
Actions (login required)
View Item |