Sukaryaningsih, Ni Putu Manik (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129021003-COVER)
2129021003-Cover.pdf Download (682kB) |
|
Text (2129021003-ABSTRAK)
2129021003-Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text (2129021003-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021003-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (174kB) |
|
Text (2129021003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021003-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (2129021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (2129021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (2129021003-BAB 5 PENUTUP)
2129021003-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (2129021003-DAFTAR PUSTAKA)
2129021003-Daftar Pustaka.pdf Download (271kB) |
|
Text (2129021003-LAMPIRAN)
2129021003-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menerapkan rancangan faktorial 2 x 2 pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 8 kelas. Dengan menggunakan teknik rambang (random sampling), empat kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data gaya kognitif siswa dikumpulkan dengan Group Embeded Figure Test (GEFT) dan kemampuan pemecahan masalah fisika dengan tes. Data dianalisis menggunakan Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mengunakan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih baik dari siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, (4) pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (5) pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih jelek dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (6) pada siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (7) pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih jelek daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Sehubungan dengan temuan penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran berbasis pemecahan masalah lebih dikembangkan sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran fisika. Agar hasil belajar lebih optimal, gaya kognitif siswa perlu dipertimbangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika, Gaya Kognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Manik Sukaryaningsih |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16459 |
Actions (login required)
View Item |