Putra, Smarana (2023) Pengembangan Virtual Reality Untuk Simulasi Perakitan Laptop. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051048-COVER.pdf Download (359kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051048-ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051048-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Virtual Reality pada dunia pendidikan hadir sebagai solusi dan peran pelengkap yang menghasilkan potensi besar dalam pembelajaran interaktif yang dapat menyediakan pengalaman praktikum virtual secara simulasi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui perancangan dan implementasi serta respon pengguna dalam pengembangan aplikasi untuk simulasi merakit laptop berbasis Virtual Reality. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari tahap concept, desaign, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengembangan aplikasi Vitual Reality simulasi perakitan laptop menggunakan Software Unity Engine dalam mengelola logika aplikasi, Blender dalam merancang aset 3D dan package Oculus Integration dalam memberikan komponen - komponen tambahan untuk mengaktifkan fitur Hand Tracking. Proses pengumpulan data diawali dengan wawancara kepada dosen pengempu mata kuliah Dasar Sistem Komputer. Pada tahapan testing dilakukan Blackbox testing serta beberapa pengujian lainnya dan mendapatkan kesimpulan uji ahli isi yaitu layak untuk digunakan tanpa revisi, menghasilkan kualifikasi “Sangat Tinggi” dan kriteria “Sangat Valid”. Begitu juga dengan kesimpulan uji ahli media yaitu layak untuk digunakan tanpa revisi, menghasilkan kualifikasi “Sangat Tinggi” dan kriteria “Sangat Valid”. Uji lapangan dengan menggunakan instrumen UEQ (User Experience Questionnaire) diberikan kepada responden purposive sampling yang telah sesuai dengan kriteria subjek penelitian mendapatkan hasil “excellent” pada 6 Kategori diantaranya yakni daya tarik: 2.39, kejelasan: 2,29, efisiensi: 2,33, ketepatan: 2,15, stimulasi: 2,47, dan kebaruan: 2,18. Secara keseluruhan pengembangan Virtual Reality untuk simulasi perakitan laptop ini layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Metode Simulasi, Perakitan, Komponen Laptop |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Smarana Putra |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 20:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 20:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16467 |
Actions (login required)
View Item |