Cahyani, Komang Trisna Ayu (2023) Pengembangan Video Pembuktian Hipotesis pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia untuk Mendukung Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik melalui Daring. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031037-COVER.pdf Download (630kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031037-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELLITIAN)
1813031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031037-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan serta mendeskripsikan spesifikasi dan validitas video pembuktian hipotesis pada materi reaksi redoks dan elektrokimia dalam mendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui daring. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan pendekatan gabungan model pengembangan Luther yang mencakup tahap concept, design, material collecting, assembly, testing (alpha testing), serta distribution dan model pengembangan Dick and Carey (1985) yaitu beta testing. Beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi daftar cek studi dokumen, panduan wawancara, dan lembar penilaian produk. Video eksperimen yang dihasilkan berupa rekaman pengambilan dan catatan data untuk pembuktian setiap hipotesis dengan durasi sekitar 5 menit. Unit video secara konsisten memfasilitasi rumusan hipotesis yang disajikan dalam worksheet pembelajaran dengan pendekatan saintifik (5M). Kategori penilaian terhadap produk rata-rata tergolong baik dengan persentase rerata skor 81,25% dari maksimal 100% diberikan oleh ahli isi dan konstruksi, baik sebesar 78,94% oleh ahli media, baik sebesar 75% oleh ahli bahasa, dan sangat baik sebesar 91,35% dan 94,23% oleh dua orang guru kimia. Hasil uji keterbacaan oleh siswa terhadap produk video pembuktian hipotesis menunjukkan respon positif yaitu sistematika dan petunjuk, isi, tata bahasa, tabel dan gambar pada video pembuktian hipotesis sudah jelas dan mudah dipahami dengan rerata penilaian masing-masing aspek tersebut secara berurutan sebesar 79,17%, 83,33%, 75%, dan 91,67%, yang rata-rata tergolong ke dalam kategori baik. Dengan demikian produk video pembuktian hipotesis pada materi reaksi redoks dan elektrokimia untuk mendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik mempunyai validitas yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembuktian hipotesis, pendekatan saintifik, penalaran induktif, reaksi redoks dan elektrokimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Komang Trisna Ayu Cahyani |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16496 |
Actions (login required)
View Item |