Utari, Desak Made Asri (2023) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, BUNYI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071004-COVER.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071004-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071004-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis (1) karakteristik, (2) validitas, (3) kepraktisan, (4) dan keterbacaan LKPD IPA berbasis problem based learning terintegrasi etnosains pada materi getaran, gelombang, bunyi bagi siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan dibatasi pada tahap develop. Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validitas yang terdiri atas 2 orang ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan terdiri atas 6 orang guru IPA, dan subjek uji keterbacaan terdiri atas 10 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, studi dokumentasi dan instrumen angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil uji validitas LKPD IPA mendapatkan skor rata-rata 1,00 dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 3,52 dengan kualifikasi sangat praktis, dan uji keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 3,7 dengan kualifikasi sangat terbaca. Data yang diperoleh berupa data hasil karakteristik produk, uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA. Karakteristik LKPD IPA ini yaitu setiap kegiatan memuat sintaks model problem based learning dan pada fenomena memuat etnosains alat musik. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan, LKPD IPA dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Problem Based Learning, Etnosains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Desak Made Asri Utari |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16645 |
Actions (login required)
View Item |