Sunarti, Ni Wayan (2023) Kajian Etnomatematika Motif Kain Cepuk Bali untuk Integrasi Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011042-COVER.pdf Download (792kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011042-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011042-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui unsur-unsur matematika yang terdapat dalam motif kain Cepuk Bali, (2) mengetahui aktivitas matematika dalam proses pembuatan kain tenun Cepuk Bali, (3) merancang motif baru kain Cepuk dengan menggunakan konsep matematika, dan (4) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan etnomatematika motif kain Cepuk Bali dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada kajian etnomatematika. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Dari hasil kajian pada penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) unsur-unsur matematika yang tertuang pada motif kain Cepuk jenis Cepuk Kurung adalah bangun datar persegi, persegi panjang, garis lurus sejajar, titik potong, pola bilangan, serta penggunaan konsep transformasi geometri berupa refleksi, dan translasi; (2) aktivitas matematika yang terdapat dalam proses pembuatan kain tenun Cepuk Desa Tanglad yaitu aktivitas membilang dan mengukur. Aktivitas membilang terlihat pada saat menentukan banyaknya bahan benang yang diperlukan untuk membuat kain Cepuk. Aktivitas membilang pada proses penenun seperti menyebutkan atau mengurutkan bilangan 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 dan seterusnya. Kemudian aktivitas mengukur dilakukan penenun untuk menentukan panjang dan lebar tenunan. Alat ukur yang digunakan terkesan masih tradisional dengan menggunakan jengkalan jari orang dewasa, di mana satu jengkal setara dengan 20 cm; (3) perancangan motif baru kain Cepuk jenis motif Kurung melalui beberapa tahapan antara lain: (a) pemilihan pola yang akan dikembangkan, (b) pengolahan pola menggunakan konsep transformasi geometri seperti refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi berbantuan aplikasi Matlab, (c) hasil pengolahan pola disusun berdasarkan teknik berulang setengah langkah secara horizontal; (4) integrasi etnomatematika motif kain Cepuk Bali pada pembelajaran matematika pada kegiatan apersepsi dengan memberikan media berupa gambar motif Cepuk Kurung yang mengandung unsur matematika untuk memberikan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Kain Tenun Cepuk Bali, Motif Kurung, |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sunarti |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16687 |
Actions (login required)
View Item |