Nandana, Dewa Ketut Rama Berlian (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071042-COVER.pdf.pdf Download (933kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071042-ABSTRAK.pdf.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (489kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071042-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071042-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (541kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071042-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis minat belajar peserta didik dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA yang dibelajarkan dengan kurikulum merdeka di SMP N 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 142 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling dari jumlah populasi sebanyak 227 peserta didik dan dua orang guru IPA. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar peserta didik dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar peserta didik kelas VII terhadap pembelajaran IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk memperoleh data faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar belajar adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumen.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang terdiri atas reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan serta divalidasi keabsahan data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Profil minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA yaitu 42% siswa tergolong sangat tinggi, 48% siswa tergolong tinggi dan 10% siswa tergolong sedang. (2) faktor internal yang memengaruhi minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA adalah motivasi peserta didik yang tinggi dan cita-cita peserta diik yang berkaitan dengan mata pelajaran IPA sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi minat belajar peserta didik adalah dukungan dari keluarga, guru menerapkan metode mengajar sesuai dengan arahan kurikulum merdeka belajar, dukungan positif dari teman, dan fasilitas sekolah yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, kurikulum merdeka, dan pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Dewa Ketut Rama Berlian Nandana |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16708 |
Actions (login required)
View Item |