Darmawanti, Anak Agung Sri (2023) ANALISIS KALIMAT PERSUASIF DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PENJUALAN ONLINE DI TIKTOK DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129011005-COVER.pdf Download (494kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129011005-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129011005-LAMPIRAN.pdf Download (302kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan kalimat persuasif pada akun @TikTokshoplive.id. dan untuk Mendeskripsikan kesesuaian isi strategi komunikasi penjualan online di @TikTokshoplive.id. sebagai bahan ajar iklan di SMP. Penelitian ini berpijak pada teori kalimat persuasif dalam iklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis, disajikan apa adanya tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti dan dibantu dengan tabel sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kepustakaan dan dokumentasi. Teknik yang digunakan yaitu Teknik simak dan catat. Data kalimat persuasif ajakan yang digunakan oleh para penjual online dikelompokkan menjadi empat yaitu: 1) penggunaan bahasa asing, 2) kalimat persuasif menumbuhkan rasa penasaran, 3) kalimat persuasif yang dicantumkan di bawah produk, 4) kalimat persuasif mengajak melalui bujukan. Data berupa kalimat dalam video diperoleh sebanyak 113 kalimat. Data dalam penelitian ini adalah bahasa tulis. Berdasarkan proses pengumpulan data dengan metode simak dan catat, diperoleh sebanyak 113 kalimat yang terbagi menjadi 24 data iklan di TikTok. Data 113 kalimat ini kemudian di tulis di kolom analisis data yang berisi nomor data,kalimat persuasif, penanda, dan pemaknaan. untuk memudahkan analisis data. Berdasarkan analisis data pada diperoleh bahwa 24 buah data yang dianalisis di atas termasuk ke dalam kalimat persuasif advertensi. Iklan dalam akun @TikTokshoplive.id memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran teks iklan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Kalimat persuasif, Komunikasi, TikTok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Anak Agung Sri Darmawanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:22 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16723 |
Actions (login required)
View Item |