Laksmiyeny, Desak Ayu Ike (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011023-COVER.pdf Download (353kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011020-ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011020-LAMPIRAN.pdf Download (815kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada : (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional; (2) perbedaan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional; (3) perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Susut tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling terhadap kelas. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan Pembelajaran model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dan siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis yang dikumpulkan dengan angket disposisi matematis. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional; (3) terdapat perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berorientasi masalah matematika terbuka dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Desak Ayu Ike Laksmiyeny |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16766 |
Actions (login required)
View Item |