Ariawan, Pt Agus (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129071020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129071020-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129071020-Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis perbedaan minat dan hasil belajar Informatika antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Project Based E-Learning dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran direct e-learning, 2) Menganalisis perbedaan minat belajar Informatika antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Project Based E-Learning dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran direct e-learning 3) Menganalisis perbedaan hasil belajar Informatika antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Project Based E-Learning dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran direct e-learning. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan posttest only non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 10 kelas IX SMP Negeri 2 Negara tahun pelajaran 2022/2023. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data minat belajar dikumpulkan dengan angket dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance /Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara peserta didik yang belajar dengan model project based e-learning dan peserta didik yang belajar dengan model direct e-learning, dengan hasil yang lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model project based e-learning. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F antar model pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa diperoleh Fhitung = 7,602. Nilai Ftabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 4,140. Ternyata Fhitung > dari Ftabel. 2)Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model project based e-learning dengan nilai (M = 82,97) dan siswa yang mengikuti model direct e-learning dengan nilai (M = 76,72). Implikasi dari temuan penelitian ini guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat menerapkan model project based e-learning. 3) Terdapat respon minat yang lebih baik dari siswa yang belajar dengan model project based e-learning, ditunjukan dari skor angket lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model project based e-learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Pt. Agus Ariawan |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 09:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16781 |
Actions (login required)
View Item |