Rencanaguna, I Putu (2023) PENGARUH PROBLEM BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR INFORMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NEGARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2029071008-COVER)
2029071008-Cover.pdf Download (779kB) |
|
Text (2029071008-ABSTRAK)
2029071008-Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (2029071008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029071008-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (199kB) |
|
Text (2029071008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029071008-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (2029071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029071008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (2029071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029071008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (2029071008-BAB 5 PENUTUP)
2029071008-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (2029071008-DAFTAR PUSTAKA)
2029071008-Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) |
|
Text (2029071008-LAMPIRAN)
2029071008-Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pentingnya kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar pada siswa supaya siswa belajar mandiri tidak menggantungkan diri dengan orang lain, perlu dikembangkan pada kelas VII SMP Negeri 1 Negara. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar informatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction, 2) untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis belajar nformatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction, 3) untuk mendeskripsikan perbedaan sikap kemandirian belajar informatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini berasal dari sebelas kelas VII SMP Negeri 1 Negara, yang berjumlah 368 orang. Sampel penelitian berasal dari dua kelas dengan total 64 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda dan data sikap kemandirian belajar dikumpulkan menggunakan non tes berupa kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar informatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction pada nilai sig. 0,000. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis informatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction pada nilai sig. 0,000. 3) terdapat perbedaan sikap kemandirian belajar informatika antara siswa yang belajar dengan model problem based blended learning dengan model direct instruction pada nilai sig. 0,000. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem based blended learning secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar informatika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Putu Rencanaguna |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16855 |
Actions (login required)
View Item |