Ningsih, Fitriana Aulia (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1617011004-COVER.pdf Download (300kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1617011004-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1617011004-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1617011004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1617011004-LAMPIRAN.pdf Download (500kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa Tahun Pelajaran 2022/2023. Prestasi belajar dilihat dari rerata nilai mata pelajaran IPS berupa nilai ulangan harian pada semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 orang siswa SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B jumlah sebanyak 64 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS yang ditunjukkan dengan koefisien R square sebesar 0.85. Besarnya kontribusi yang berpengaruh terhadap variabel X dengan variabel Y dapat dilihat nilai thitung sebesar 7,805 > ttabel sebesar 3,996. Sehingga terdapat hubungan kasual yakni adanya hubungan antara motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Dari analisis di atas, motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, semakin tinggi skor motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Fitriana Aulia Ningsih |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16879 |
Actions (login required)
View Item |