PENGARUH SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII

Putra, I Kadek Dwi Mandala (2023) PENGARUH SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011080-COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011080-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011080-LAMPIRAN.pdf

Download (681kB)

Abstract

Peneliti mengangkat tema tentang “Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar” di SMA Negeri 2 Singaraja. Sikap adalah salah satu elemen psikologis yang memengaruhi keberhasilan belajar. Di samping itu, bertujuan untuk meneliti korelasi antara sikap siswa terhadap hasil belajar mereka. Jenis penelitian yang dipakai adalah ex post facto. Subjek penelitian adalah 187 siswa SMA Negeri 2 Singaraja Kelas XII. Di mana sebanyak 93 siswa dipilih secara acak sebagai sampel memakai rumus Isaac-Michael. Pengumpulan data digunakan sistem kuesioner yang berisi pernyataan tentang sikap dan prestasi belajar yang diukur berdasarkan nilai atau hasil tes matematika yang telah diperoleh oleh siswa. Regresi linear adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menilai hubungan antara sikap siswa dan kinerja akademik. Temuan dari kajian ini telah mengindikasi pengaruh positif yang signifikan dengan rumus persamaan regresi Y=10,605+0,319X+e dengan hasil kontribusi sikap terhadap prestasi belajar mencapai 6,9%. Menurut penelitian ini, sikap siswa memiliki dampak besar terhadap prestasi belajar mereka. Maka, para pendidik dan praktisi pendidikan harus memperhatikan faktor sikap siswa dalam merencanakan dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I KADEK DWI MANDALA PUTRA
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:57
Last Modified: 25 Jul 2023 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item