Putra, I Kadek Dwi Mandala (2023) PENGARUH SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011080-COVER.pdf Download (343kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011080-ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011080-LAMPIRAN.pdf Download (681kB) |
Abstract
Peneliti mengangkat tema tentang “Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar” di SMA Negeri 2 Singaraja. Sikap adalah salah satu elemen psikologis yang memengaruhi keberhasilan belajar. Di samping itu, bertujuan untuk meneliti korelasi antara sikap siswa terhadap hasil belajar mereka. Jenis penelitian yang dipakai adalah ex post facto. Subjek penelitian adalah 187 siswa SMA Negeri 2 Singaraja Kelas XII. Di mana sebanyak 93 siswa dipilih secara acak sebagai sampel memakai rumus Isaac-Michael. Pengumpulan data digunakan sistem kuesioner yang berisi pernyataan tentang sikap dan prestasi belajar yang diukur berdasarkan nilai atau hasil tes matematika yang telah diperoleh oleh siswa. Regresi linear adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menilai hubungan antara sikap siswa dan kinerja akademik. Temuan dari kajian ini telah mengindikasi pengaruh positif yang signifikan dengan rumus persamaan regresi Y=10,605+0,319X+e dengan hasil kontribusi sikap terhadap prestasi belajar mencapai 6,9%. Menurut penelitian ini, sikap siswa memiliki dampak besar terhadap prestasi belajar mereka. Maka, para pendidik dan praktisi pendidikan harus memperhatikan faktor sikap siswa dalam merencanakan dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Prestasi Belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I KADEK DWI MANDALA PUTRA |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16898 |
Actions (login required)
View Item |