PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS 2D PADA MATERI TOKOH-TOKOH UTAMA DALAM CERITA MAHABARATA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SISWA KELAS III DI SDN 3 BATUR

SATYA, I KADEK WIRA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS 2D PADA MATERI TOKOH-TOKOH UTAMA DALAM CERITA MAHABARATA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SISWA KELAS III DI SDN 3 BATUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051053-COVER.pdf

Download (124kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051053-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051053-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media interaktif pada materi Tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata, serta mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap media interaktif tersebut. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dorongan usaha-usaha inovasi dalam memakai hasil teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yakni seperti kegiatan pembelajaran, dimana pembelajaran dijalankan dengan media yang berbasis digital. Pengembangan media yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran. Studi ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan penerapan model penelitian ADDIE yang memuat 5 tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Hasil dari studi ini menjadi sebuah harapandapat memudahkan guru serta siswa saat kegiatan pembelajaran terkait dengan bahan ajar. Hasil penelitian Multimedia Interaktif Berbasis 2D pada materi Tokoh-tokoh Utama dalam Cerita Mahabharata dalam Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk siswa kelas III di SD Negeri 3 Batur, memberikan respon positif. Hal ini dilihat dari hasil uji coba perorangan dengan persentase keseluruhan subjek 92% dengan kriteria “sangat baik”, hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase keseluruhan subjek 90% dengan kriteria “sangat baik”, hasil uji lapangan dengan persentase keseluruhan subjek 91% dengan kriteria “sangat baik”, dan hasil respon guru rata-rata 50 pada kategori “sangat positif” dimana kriteria “sangat praktis” .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata,ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I KADEK WIRA SATYA
Date Deposited: 26 Jul 2023 21:31
Last Modified: 26 Jul 2023 21:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item