PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 SINGARAJA

Maharani, Made Tiara (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011068-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011068-ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011068-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kategori penelitian eksperimen yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Singaraja tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 326 orang yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen yaitu kelas VII 4 sebanyak 42 orang siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII 2 sebanyak 42 orang siswa. Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu posttest-only control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) dengan jumlah lima soal yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pertemuan akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai t_hitung (3,948)>t_tabel(1,989) dengan demikian H_0 ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Singaraja. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MASTER berbantuan Geogebra dapat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran MASTER, Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran MASTER, Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Made Tiara Maharani
Date Deposited: 25 Jul 2023 11:51
Last Modified: 25 Jul 2023 11:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item