Arimbawa, Gusti Putu Arya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Terintegrasi Virtual Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011045-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011045-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011045-LAMPIRAN.pdf Download (31MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif terintegrasi virtual lab pada materi bangun ruang sisi datar. Media pembelajaran dikembangkan dengan model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Pengembangan dilakukan dengan berbantuan aplikasi Articulate Storyline dan Geogebra. Uji validitas isi dan uji validitas media dilakukan dengan intrumen LORI versi 2.0. Uji kepraktisan dan kepuasan pengguna dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Uji efektivitas dilakukan dengan analisis skor gain berdasarkan perolehan nilai pre-test dan post-test. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran dengan karakteristik penyajian materi yang interaktif, merekam jejak pengguna, memuat sepuluh virtual lab untuk eksplorasi materi penemuan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dan memiliki menu-menu pendamping kegiatan pembelajaran. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa validitas isi dari media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak dengan persentase skor 96% dan 92% sedangkan validitas media memperoleh persentase 94% dan 100% dengan kategori sangat layak. Uji kepraktisan memperoleh kriteria above average pada aspek daya tarik dan kejelasan, serta kriteria excellent pada aspek efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan praktis. Uji kepuasan pengguna menunjukkan pada aspek daya tarik, diperoleh skor rata-rata 1,43 yang memenuhi kriteria di atas rata-rata, aspek efisiensi memperoleh skor rata-rata 1,88 yang berkategori baik, sedangkan ada aspek kejelasan, ketepatan, stimulasi dan kebaruan berturut-turut memperoleh skor rata-rata 2,01, 1,86, 2,11, dan 2,07 dengan kriteria sangat memuaskan. Uji efektifitas menunjukkan terdapat 56% peserta didik mencapai kriteria skor gain sedang sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, interaktif, virtual lab, validitas,kepraktisan, kepuasan pengguna, efektifitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Gusti Putu Arya Arimbawa |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:22 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16953 |
Actions (login required)
View Item |