Sri Damayanti,, Ni Kadek (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD (LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK ELEKTRONIK) BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI KAIDAH PENCACAHAN KELAS XII SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011029-COVER.pdf Download (505kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011029-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011029-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir komputasi peserta didik menyebabkan peserta didik kurang mampu dalam menyelesaikan masalah non rutin dalam pembelajaran khususnya masalah non rutin yang memiliki karakteristik untuk melatih kemampuan berpikir komputasi. Maka dari itu diperlukan solusi dengan pengembangan bahan ajar yang sesuai melalui E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) berbasis computational thinking. Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengembangkan E-LKPD untuk melatih kemampuan berpikir komputasi peserta didik sekaligus membelajarkan materi kaidah pencacahan kelas XII SMA. Pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE dengan berbantuan heyzine dan wizer.me. Formatnya dikemas dalam bentuk e-flipbook petunjuk E-LKPD yang didalamnya terdapat tata cara akses masing-masing E-LKPD. Pada proses pengembangan E-LKPD dilakukan uji validitas isi/materi dengan uji validitas Gregory, uji kelayakan ahli materi dan ahli media dengan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dengan angket User Experience Questionnaire (UEQ), serta uji efektivitas digunakan hasil tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, uji validitas isi/materi mendapatkan skor sebesar 1 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, uji kelayakan materi dan kelayakan media mendapatkan rata�rata nilai sebesar 5 dan 4,69 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan terhadap 28 responden yang terdiri atas dua guru dan 26 peserta didik diperoleh hasil dari aspek attractiveness diperoleh skor rata-rata 2,02 dengan kategori excellent, aspek perspicuity diperoleh skor rata-rata 1,88 dengan kategori good, aspek efficiency diperoleh skor rata-rata 2,13 dengan kategori excellent, aspek dependability diperoleh skor rata-rata 2,04 dengan kategori excellent, aspek stimulation diperoleh skor rata-rata 2,19 dengan kategori excellent, dan aspek novelty diperoleh skor rata-rata 2,16 dengan kategori excellent. Kemudian, hasil uji efektivitas diperoleh persentase ketuntasan yakni sebesar 84,6% dengan jumlah ketuntasan peserta didik sebanyak 22 dari 26 peserta didik. Saran dalam penelitian ini, perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan subjek penelitian yang lebih luas. Kata Kunci: E-LKPD, computational thinking, kaidah pencacahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-LKPD, computational thinking, kaidah pencacahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sri Damayanti |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17060 |
Actions (login required)
View Item |