KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERORIENTASI STEM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

Dewi, Anak Agung Sri Kencana (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERORIENTASI STEM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041020_COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041020_ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041020_Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041020_Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041020_Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041020_Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN)
1913041020_Bab 5 Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041020_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Google Sites berorientasi STEM materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimental atau eksperimental semu dengan menggunakan rancangan sama subjek (treatment by subject design) dengan bagan (randomized pre and post test group design). Rancangan sama subjek adalah rancangan serial, dimana semua subjek menjadi kontrol dan juga diberikan perlakuan, dalam periode waktu yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini menggunakan 1 sampel yang dibagi menjadi 2 kelompok periode baik periode I yang dibelajarkan dengan pembelajaran STEM tanpa media pembelajaran Google Sites maupun periode II yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Google Sites berorientasi STEM. Data hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Untuk mengetahui perbedaan secara signifikansi rata-rata nilai hasil belajar siswa, peneliti menganalisis dengan menggunakan uji t-dependent sample dengan taraf signifikansi 5%. Lalu untuk mencari keefektifan media pembelajaran Google Sites berorientasi STEM dalam meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan persentase ketuntasan klasikal yaitu minimal 80% siswa mencapi KKM (70). Hasil analisis data diperoleh bahwa selisih rerata nilai hasil belajar yang dilihat dari perolehan N-gain pada kelompok periode II sebesar 0,71 lebih besar dibandingkan dengan kelompok periode I yaitu 0,27. Serta persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh pada kelompok periode II menunjukkan nilai P > 80%. Berdasarkan uji t-dependent sample menunjukkan bahwa nilai p (0,001 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara kelompok periode I dan kelompok periode II, serta media pembelajaran Google Sites berorientasi STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha. Kata kunci : Keefektifan, Media Pembelajaran Google Sites Berorientasi STEM, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keefektifan, Media Pembelajaran Google Sites Berorientasi STEM, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Anak Agung Sri Kencana Dewi
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:59
Last Modified: 26 Jul 2023 04:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item