Nugraha, I Made Bhisma Putra (2023) Pengembangan Media Edukasi Pramuka "Semaphore AR Card". Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1915051063-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051063-ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051063-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan ini dilatarbelakangi permasalahan terkait kurangnya minat dan ketertarikan peserta didik terhadap ekstrakurikuler Pramuka khususnya materi Semaphore. Ketersediaan media edukasi yang kurang bervariasi dan kecenderungan pembina menggunakan metode yang konvensional menimbulkan kejenuhan terhadap siswa, oleh sebab itu kemajuan teknologi juga harus dibarengi dengan berkembangnya media edukasi Pramuka khususnya materi Semaphore. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan pengembangan media edukasi Pramuka Semaphore AR card serta mengetahui respon peserta didik dan pembina. Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X dan pembina ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Singaraja. Pengambilan data dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah berupa aplikasi dan kartu augmented reality yang dapat dijalankan pada perangkat handphone berbasis android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan kriteria sangat baik dengan hasil uji blackbox diperoleh persentase keberhasilan 100%, untuk uji validitas ahli isi dan ahli media Semaphore AR card didapat skor sebesar 1,00 dengan kriteria tingkat validitas “Sangat Tinggi”, dan pada uji terhadap pengguna yaitu peserta didik dan pembina menggunakan penilaian UEQ mendapatkan hasil “Excellent” pada 6 Kategori diantaranya yakni daya tarik: 1.88, kejelasan: 2.01, efisiensi: 1.91, ketepatan: 1.95, stimulasi: 1.90, dan kebaruan: 1.77. Secara keseluruhan pengembangan media edukasi Pramuka Semaphore AR card ini layak digunakan sebagai media edukasi Pramuka pada saat kegiatan Kepramukaan. Kata Kunci: Media Edukasi, Pramuka, Semaphore, Augmented Reality Card
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Edukasi, Semaphore, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Made Bhisma Putra Nugraha |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17082 |
Actions (login required)
View Item |