Yusran, Muhammad (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUKTIAN HIPOTESIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TOPIK LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031036-COVER.pdf Download (919kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031036-ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (754kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1613031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (545kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031036-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mendeskripsikan spesifikasi dari produk video pembuktian hipotesis yang melengkapi unit-unit tautan presentasi video eksperimen dalam LKPD PBL topik laju reaksi yang mengakomodasi pendekatan saintifik, sebagai hasil penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengaplikasikan model pengembangan Luther. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, di antaranya daftar cek studi dokumen, pedoman wawancara, dan lembar penilaian produk. Spesifikasi produk yang dikembangkan yakni produk 1) mengikuti urutan sintak Problem Based Learning dengan mengakomodasi aspek-aspek kegiatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan), 2)mengikuti pola penalaran induktif, 3) dilengkapi potongan video eksperimen pembuktian hipotesis topik laju reaksi yang memfasilitasi unit LKPD PBL, dan dilengkapi hyperlink, gambar, animasi serta video fenomena. Validasi oleh para ahli menghasilkan persentase rata-rata penilaian sebesar 95,00 ; 92,85; dan 89,58 % masing-masing dari ahli isi, ahli media, ahli bahasa, serta 89,42 dan 90,38% masing-masing dari praktisi 1 dan 2. Berdasarkan persentase rata-rata penilaian tersebut, produk video pembuktian hipotesis dalam unit tautan presentasi video eksperimen dalam LKPD PBL hasil pengembangan memperoleh validitas sangat baik. Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa menunjukkan respon positif dengan hasil pengisian LKPD menunjukkan siswa telah mampu mengisi tagihan yang diberikan serta komentar mengenai arahan, tulisan dan isi LKPD dalam unit pembelajaran serta video dapat dibaca dengan jelas oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video eksperimen pembuktian hipotesis, lembar kerja peserta didik, model Problem Based Learning, 5M saintifik-induktif, laju reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | MUHAMMAD YUSRAN |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:20 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17219 |
Actions (login required)
View Item |