Amal, Winda Ayu Ihlalul (2023) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karangasem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021018-ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (581kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021018-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan Direct Instruction (DI). Penelitian dilaksanakan dengan desain quasi experiment research menggunakan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas (68 siswa) dari kelas XI MIPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karangasem Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas (46 siswa) yang ditentukan secara cluster simple random sampling, sehingga terpilih siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari tes keterampilan berpikir kritis yang terdiri dari 14 butir soal berbentuk essay (uraian) dengan nilai reliabilitas sebesar 0,776. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning dan Direct Instruction yang ditunjukkan dari nilai sig < 0,05 (F* = 9,283; sig* = 0,004) serta dari nilai Δµ yang bernilai lebih besar dari hasil dari uji LSD. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning (M = 86,258; SD =7,312 , kategori sangat baik) lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction (M = 81,755; SD = 9,433, kategori baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Maka dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran fisika dapat diterapkan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning, model pembelajaran direct instruction, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Winda Ayu Ihlalul Amal |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17276 |
Actions (login required)
View Item |