Pramana, Sang Putu Yoga (2023) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091020-COVER.pdf Download (998kB) |
|
Text (ABSTRAK)
19150920-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091020-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak terhadap Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak terhadap operasional bisnis organisasi seperti mempercepat, mempermudah, dan meningkatkan efisiensi kegiatan bisnis. Salah satunya seperti yang sudah diterapkan PT. PLN dengan mendirikan Aplikasi PLN Mobile sejak tahun 2020 hingga saat ini yang bertujuan memudahkan pelanggan mengakses informasi tagihan, penambahan daya, pengaduan masyarakat, dan layanan lainnya yang berkaitan dengan PLN. Untuk mengetahui keberhasilan PLN Mobile yang telah diterapkan dapat diukur melalui pengujian terhadap kepuasan pengguna karena kepuasan pengguna dianggap sebagai komponen penting dalam kesuksesan sistem informasi. Melalui observasi dan wawancara pada pengguna dan pihak PLN diketahui bahwa aplikasi PLN Mobile masih banyak pengguna yang merasa kurang puas terhadap kinerja dan layanan aplikasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 92 yang diambil dari populasi pengguna di Kota Singaraja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile secara keseluruhan tergolong puas. Masing-masing variabel End User Computing Satisfaction (EUCS) yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction). Adapun rekomendasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna meliputi perbaikan navigasi dan konten aplikasi, peningkatan akurasi sistem, penyesuaian format aplikasi dengan kebutuhan pengguna, peningkatan kemudahan penggunaan, dan peningkatan kecepatan respons sistem pada Aplikasi PLN Mobile.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | End User Computing Satisfaction (EUCS), Evaluasi, Kepuasan Pengguna, PLN Mobile |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Sang Putu Yoga Pramana |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:22 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17394 |
Actions (login required)
View Item |