Paing, I Wayan (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL BERMUATAN TRI HITA KARANA PADA SUBTEMA GLOBALISASI DI SEKITARKU UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1929041049-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
1929041049-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1929041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
1929041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1929041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil Dan Pembahasan)
1929041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5 Penutup)
1929041049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1929041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text (Lampiran)
1929041049-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
ABSTRAK Paing, IW (2023), Pengembangan Buku Cerita Digital Bermuatan Tri Hita Karana pada Subtema Globalisasi di Sekitarku untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd,. M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Aryana, M.Si. Kata-kata kunci: buku cerita digital, validitas, kepraktisan, efektifitas Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru, dan siswa. Sedangkan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Data diklasifikasikan menjadi dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur validitas dan kepraktisan buku cerita digital. Validitas diuji oleh masing-masing dua (2) orang ahli yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Kepraktisan buku cerita digital dinilai oleh delapan (8) orang guru di Gugus VIII Kecamatan Abang. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 4,92 dan berada pada interval 4,21 ≤ Rv ≤ 5,00 yang menunjukkan bahwa buku cerita digital berada pada katagori sangat valid. (2) kepraktisan bahan ajar digital ini menunjukkan rata-rata kepraktisan buku cerita digital sebesar 3,72 dan berada pada interval interval 3,50≤Rk≤4,00 berada pada kategori sangat praktis. (3) uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) <0,05 yang bernilai signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana pada Subtema Globalisasi di Sekitarku kelas VI sekolah dasar yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita digital, validitas, kepraktisan, efektifitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Paing |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 00:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 00:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17409 |
Actions (login required)
View Item |