Rahmatullah, Muhammad (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Olahraga Sepak Takraw Materi Teknik Dasar Sepak Kura untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011017-COVER.pdf Download (908kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011017-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif yang mengajarkan dasar-dasar sepak takraw kepada peserta didik Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep (concept), desain (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Produk pengembangan harus divalidasi oleh ahli isi dan materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Untuk menguji produk, studi ini menggunakan uji kelompok kecil dan kelompok besar. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan, dan data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 100% sangat baik, persentase uji ahli desain pembelajaran 78,37% sangat baik, persentase uji ahli media pembelajaran 100% sangat baik, dan persentase uji coba kelompok kecil 93,06% dan kelompok besar 80,74%. Oleh karena itu, disarankan bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) untuk menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android untuk materi olahraga sepak takraw tentang teknik dasar sepak kura sebagai sumber pembelajaran. Ini karena dapat meningkatkan hasil akademik dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sepak Takraw, MDLC. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Muhammad Afif Rahmatullah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 05:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 05:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17588 |
Actions (login required)
View Item |