Mahajaya, I Putu Riska Putra (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI INDUKSI MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011022-COVER.pdf Download (474kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011022-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi induksi matematika di SMA Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Subjek yang dilibatkan yaitu siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Busungbiu tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 29 orang. Tes tertulis dipergunakan agar mengetahui kesalahan siswa pada penyelesaian soal matematika pada materi induksi matematika serta wawancara difungsikan menemukan sebab kesalahan siswa tersebut. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa kekeliruan yang siswa lakukan, meliputi (1) kesalahan membaca dengan persentase kesalahan sebesar 16,38%, (2) kesalahan memahami dengan besaran persentasenya 18,97%, (3) kesalahan transformasi dengan sejumlah 19,83%, (4) kesalahan keterampilan proses pada besaran persentasenya 56,03% dan (5) kesalahan menentukan jawaban akhir dengan persentase sebesar 29,31%. Adapun penyebab kekeliruan siswa yakni rendahnya wawasan siswa dengan tanda baca yang ada pada soal, panik serta terburu-buru membaca maupun menjawab soal karena merasa kekurangan waktu, kurangnya pengetahuan siswa tentang bilangan ganjil dan bilangan bulat positif, lupa dan kurang mengerti dengan langkah-langkah prosedur pembuktian dengan induksi matematika, siswa kurang mengerti operasi hitung dan tidak teliti dalam proses perhitungan, kurang mengerti dengan penjelasan guru pada materi induksi matematika sehingga bingung dengan soal yang sedikit berbeda pada contoh soal yang guru berikan, tidak cermat ketika menulis jawaban akhir serta lupa menulis simpulannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesulitan, Prosedur Newman, Induksi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Putu Riska Putra Mahajaya |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17746 |
Actions (login required)
View Item |