Pratama, Dipa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NEGARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129121009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129121009-ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129121009-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar mernggunakan model pembelajaran NHT dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelompok minat belajar tinggi dan rendah. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan desain treatment by level 2×2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Negara dimana sampelnya ditarik dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif dan tes observasi, sedangkan data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan Two Ways Anova menggunakan program SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar, (3) pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (4) pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adanya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NHT, minat belajar, hasil belajar, bolavoli |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | I Kadek Dipa Pratama |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 05:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 05:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17794 |
Actions (login required)
View Item |