PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NEGARA

Pratama, Dipa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NEGARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129121009-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129121009-ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129121009-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar mernggunakan model pembelajaran NHT dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelompok minat belajar tinggi dan rendah. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan desain treatment by level 2×2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Negara dimana sampelnya ditarik dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif dan tes observasi, sedangkan data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan Two Ways Anova menggunakan program SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar, (3) pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (4) pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adanya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NHT, minat belajar, hasil belajar, bolavoli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I Kadek Dipa Pratama
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:39
Last Modified: 26 Oct 2023 05:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item View Item