Niyah, Dina Rifqo (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031005-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu masalah yang dialami oleh siswa dalam era digital adalah menurunnya motivasi belajar dan kepedulian sosial siswa. Masalah tersebut dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini kelas X SMA Negeri 2 Banjar sebanyak 10 kelas, dengan jumlah siswa 326 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel acak sederhana setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan total anggota pada kelas sampel sebanyak 61 siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap motivasi belajar siswa secara parsial. Hasil uji hipotesis menununjukkan nilai signifikansi motivasi belajar = 0,001 < 0.05 yang berarti terdapat pengearuh model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap sikap sosial siswa secara parsial, yang mana nilai signifikansi sikap sosial siswa = 0.016 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap sosial siswa (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa secara simultan. Hasil dari perlakuan yang signifikan oleh prosedur Pillai‟s Trace, Wilks‟ Lambda, Hotelling‟s Trace, Roy‟s Largest Root. Didapat nilai signifikannya 0,001, dimana 0,001 < 0,05 sesuai kriteria bahwa H0 (menolak) dan H1 (menerima) maka variabel bebas Model Pembelajaran TGT menunjukkan adanya pengaruh pada variabel terikat yakni motivasi belajar dan sikap sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif, Motivasi belajar, Sikap sosial siswa, Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Dina Rifqo Niyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:56 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17821 |
Actions (login required)
View Item |