PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Niyah, Dina Rifqo (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031005-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah yang dialami oleh siswa dalam era digital adalah menurunnya motivasi belajar dan kepedulian sosial siswa. Masalah tersebut dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini kelas X SMA Negeri 2 Banjar sebanyak 10 kelas, dengan jumlah siswa 326 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel acak sederhana setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan total anggota pada kelas sampel sebanyak 61 siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap motivasi belajar siswa secara parsial. Hasil uji hipotesis menununjukkan nilai signifikansi motivasi belajar = 0,001 < 0.05 yang berarti terdapat pengearuh model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap sikap sosial siswa secara parsial, yang mana nilai signifikansi sikap sosial siswa = 0.016 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap sosial siswa (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) tehadap motivasi belajar dan sikap sosial siswa secara simultan. Hasil dari perlakuan yang signifikan oleh prosedur Pillai‟s Trace, Wilks‟ Lambda, Hotelling‟s Trace, Roy‟s Largest Root. Didapat nilai signifikannya 0,001, dimana 0,001 < 0,05 sesuai kriteria bahwa H0 (menolak) dan H1 (menerima) maka variabel bebas Model Pembelajaran TGT menunjukkan adanya pengaruh pada variabel terikat yakni motivasi belajar dan sikap sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Motivasi belajar, Sikap sosial siswa, Team Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Dina Rifqo Niyah
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:56
Last Modified: 26 Oct 2023 02:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item